Ku biar kalam berbicara
Menghurai maksudnya di jiwa
Agar mudah ku mengerti
Segala yang terjadi
Sudah suratan Ilahi

Ku biarkan pena menulis
Meluahkan hasrat di hati
Moga terubat segala
Keresahan di jiwa
Tak pernah ku ingini

AisyaHumaira

AisyaHumaira

Tuesday, May 17, 2011

Selayang Pandang

Dalam struktur hirarki Mason terdapat tiga puluh tangga di mana setiap tangga memiliki tingkatannya sendiri-sendiri dan dihitung menggunakan derajat kepangkatan. Setiap derajat mengajarkan unsur-unsur moral, persaudaraan, dan kebihaksanaan. Posisi 32⁰ merupakan posisi tertinggi yang bisa dicapai seorang Mason, sementara posisi 33⁰ adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh badan tertinggi Freemason bernama Supreme Council.

Seorang Mason dalam hirarki York Rite dikenal dengan sebutan nama bukan dengan derajat sementara hirarki Scottish Rite disebut  dengan level derajat. Beberapa nama dalam struktur  York Rite adalah  Past Master (virtual), Israel  tribesman, High Priest of Jews, King Hiram of Tyre, Knight of Malta hingga Knight Templar yang merupakan penghargaan di posisi 32⁰ dan 33⁰.

Sementara di Scottish Rite ada lebih banyak tingkatan seperti yang paling awal adalah para Apprentice 1⁰, Secret Master  5⁰, Elect of Fifteen 10⁰, Grand Master  Architect 12⁰, Grand  Elect Mason 14⁰, Grand Pontiff 19⁰ hingga Sovereign Grand atau Inspektur Jenderal di posisi 33⁰. Mereka memiliki semacam ikatan persaudaraan dan kekeluargaan yang sangat kuat, di mana  bila para Mason di posisi 32⁰ diangkat menjadi Shriner atau orang suci, maka istrinya akan dianugerahi jabatan The Daughters of Nile.

Seorang perempuan hanya dapat bergabung dalam organisasi aliansi Freemason atau organisasi turunan seperti Order Of Eastern Star  untuk wanita dewasa dan Jobs Daughter untuk gadis remaja.



No comments:

Post a Comment

Pages

List List